PERILAKU SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI LINGKUNGAN KELUARGA

Dolopo-20130520-01672

Kebutuhan perasaan aman sangat erat hubungannya dengan kebutuhan akan afeksi (Sikap). Secara tidak langsung perasaan aman akan membentuk sikap anak. Dengan perasaan aman, anak akan memiliki pondasi yang kuat menghadapi konflik, frustasi, tuntutan dan kesulitan hidup. Banyak cara untuk memperoleh perasaan aman baik melalui kasih sayang anak akan bahagia. Kalau kebutuhan ini dihambat oleh penolakan, kebencian dan kurang perhatian anak akan merasa tidak aman, cemas dan mereka akan menunjukkan sikap yang agresif. Ini juga sering terjadi pada anak berkebutuhan khusus.

Anak adalah karunia terbesar yang diberikan Tuhan Sang Maha Pencipta kepada kita umat manusia. Tuhan mempunyai rahasia tersendiri sehingga ada anak yang di lahirkan normal dan ada pula yang di lahirkan “istimewa” salah satunya adalah anak tunagrahita.

Menghadapi kenyataan memiliki anak sebagai penyandang gangguan Intelegensi atau anak tunagrahita tidaklah mudah bagi orang tua, terutama jika dihadapi oleh orang tua yang kurang pemahamannya terhadap semua permasalahan ketunaan tersebut, baik itu tentang apa dan bagaimana ketunagrahitaan itu, serta penanganan yang harus dilakukan guna mencapai keberhasilan pada tugas perkembangan anak. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, jawaban yang muncul berupa sederetan karakteristik atau gejala-gejala anak tunagrahita yang salah satunya yaitu gangguan perilaku sosial.

Dalam perilaku social, tercakup hal – hal seperti ketergantungan, hubungan kesebayaan, konsep diri, dan tingkah laku moral . seperti halnya anak normal, anak tunagrahita yang masih muda mula – mula memiliki ketergantungan pada orang tua dan orang dewasa lainnya. Dengan bertambahnya umur, ketergantungan ini dialihkan kepada teman sebayanya.ketika anak merasa takut , tegang,dan kehilangan orang yang menjadi tempat bergantung, kecenderunganketergantungannya bertambah. Berbeda dengan anak normal, anak tunagrahita lebih banyak tergantung pada orang lain. Dalam pergaulan mereka tidak dapat mengurus, memelihara dan memimpin diri. Tanpa bimbingan dan pengawasan mereka dapat terjerumus ke dalam perilaku social yang negative. Oleh sebab itu anak tunagrahita perlu pengawasan dari orang tua yang bersangkutan agar lebih kea rah yang positif.

Perilaku social anak tunagrahita ini biasanya di pengaruhi oleh factor lingkungan, dan biasanya juga emosi dan tingkah laku anak tersebut. Hal ini tidak lepas dari pihak keluarga yang terus tahu dan mengenali anak tersebut bagaimana anak tunagrahita tersebut berperilaku terhadap teman – temannya dan lingkungannya, sebab anak tersebut lebih sering menyendiri dan menarik diri dari bersosialisasinya, disebabkan anak tersebut memiliki hambatan intelegensi yang dianggap orang lain tidak layak diajak bermain.

Masyarakat sekitar sering mengcemooh anak tunagrahita dikarenakan banyak yang kurang suka tentang kehadiran anak tunagrahita tersebut. Anak ini cenderung meniru apa yang ada di masyarakat dan apa yang dilihatnya, anak ini sering kali belajar sesuatu dengan kenyataan atau abstrak. Bila mana anak tersebut tidak diawasi maka perilaku anak tersebut cenderung sering ke hal – hal yang negative dan menyebabkan anak melakukan hal – hal yang menyimpang terhadap kehidupan masyarakat dalam sosialisasinya.

Keadaan anak ini cenderung cepat marah dan sering menyakiti temannya atau dirinya sendiri bila keinginannya tidak dipenuhi. Factor anak tersebut marah biasanya terjadi disaat anak ini emosinya dan lingkungannya kurag mendukung. Setiap kali ada orang yang baru di kehidupannya anak ini cenderung senang dan tidak lepas darinya dan merasa senang. Bila mana dengan temannya anak ini cenderung nakal dan menggangu temannya meskipun disaat – saat tertentu saja. Keadaan ini bisa mengakibatkan seluruh lingkungan menjauhinya karena takut akan perilaku anak tunagrahita tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s