Pelayanan Pendidikan di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun

IMG-20130730-02225

Pelayanan pendidikan yang dilakukan oleh SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun terhadap masyarakat luas adalah sebagai berikut:

A. Pelayanan Pendidikan Berdasarkan Jenis Kekhususan Anak

    Pelayanan pendidikan yang ada di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun sesuai dengan jenis kelainan anak adalah :
1. Pelayanan Pendidikan bagi Anak Tunanetra
2. Pelayanan Pendidikan bagi Anak Tunarungu
3. Pelayanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita
4. Pelayanan pendidikan bagi Anak Tunadaksa
5. Pelayanan Pendidikan bagi Anak AutisIMG-20130601-01780

Pelayanan Pendidikan tersebut diberikan untuk tingkat TKLB (Taman Kanak-kanak Luar Biasa ) sampai dengan SMALB (Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ).

Pelayanan pendidikan di SLBSLB Putra Idhata Kabupaten Madiun disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Oleh karena itu pelayanan pendidikan yang diberikan kepada mereka agak berbeda dengan pelayanan pendidikan di Sekolah Umum.
Khusus anak Autis Model Layanan Pendidikan yang diterapkan di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun adalah sebagai berikut :

Layanan pendidikan bagi anak autis di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan anak. Bentuk layanan pendidikan bagi anak autis yang sedang diterapkan di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun terdiri atas :

a. Layanan Pendidikan Awal
Layanan pendidikan awal ini terdiri atas program Intervensi dini dan program terapi penunjang.
• Program Intervensi dini
Program intervensi dini yang telah dan sedang diterapkan di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun antara lain ; menerapkan program Descrete Trial Training ( DTT ) dari Lovaas, dkk, 1997. Program DTT adalah program individu yang berdasarkan kekurangan pada anak ( Child’s Dificits )

• Program Terapi Penunjang
Program terapi penunjang bagi anak autis yang diberikan di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak

. Adapun program terapi penunjang antara lain :
1. Terapi wicara
2. Terapi Okupasi
3. Terapi bermain
4. Terapi mediamentosa / obat – obatan ( Drug therapy)
5. Sensori Integration Therapy : untuk anak-anak yang mengalami gangguan pada sensoriknya.

b. Kelas Transisi
Kelas ini ditujukan untuk anak yang berkebutuhan khusus yang memerlukan layanan khusus termasuk anak autis yang telah diterapi secara terpadu dan terstruktur.
Program ini bertujuan membantu anak-anak autis dalam mempersiapkan transisi ke bentuk layanan pendidikan terpadu.
Kelas transisi ini sistem pengajarannya menggunakan acuan kurikulum SD yang berlaku yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhannya.

B. Program Bimbingan dan Konseling Sesuai Tingkat Pendidikan Anak

Bimbingan Anak Luar Biasa adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada anak yang mengalami kelainan, dalam menumbuhkan rasa percaya diri, harga diri, dan kemampuan diri untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi pada diri dan lingkungannya agar mampu mandiri.
Tujuan layanan bimbingan bagi anak luar biasa pada setiap satuan pendidikan luar biasa, termasuk SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun adalah sebagai berikut

a. Tujuan Bimbingan di TKLB

1. Membantu anak didik agar secara sosio emosioanal dapat memulai masa transisi dari kehidupan di rumah ke kehidupan di lingkungan sekolah.
2. Membantu anak mengurangi atau menghilangkan secara bertahap kebiasaan buruk dan memupuk yang baik.
3. Membantu menyiapkan perkembangan mental anak untuk masuk SD/SDLB
4. Membnatu orang tua untuk mengerti dan memahami anak sebagai individu.
5. Membantu orang tua dalam mengenali kebutuhan anak.
6. Mambantu dalam mengatasi gangguan emosi anak yang ada hubungannya dengan kelainan anak maupun situasi keluarga di rumah.
7. Membantu ornag tua anak dalam menyelesaikan masalah-masalah yang timbul sebagai akibat dari kekhususan mereka.

b. Tujuan Bimbingan di SDLB

1. Membantu anak didik agar secara sosio emosioanal dapat memulai masa transisi dari lingkungan TK/lingkungan keluarga ke lingkungan SD/SDLB
2. Membantu siswa mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi, baik dalam kegiatan belajar maupun kegiatan pendidikan pada umumnya.
3. Membantu siswa dalam memahami dirinya ( kelebihan, kekurangan, dan kelainan yang disandang ) maupun lingkungnnnya.
4. Membantu siswa dalam melakukan pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di SLTP umum/SLTPLB.
5. Membantu orang tua dalam mengambil keputusan untuk memilih jenis sekolah yang sesuai dengan kemampuan dan kelainannya.
6. Membantu orang tua dalam memahami anak dan kebutuhannya, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

c. Tujuan Bimbingan di SLTPLB

1. Membantu siswa agar secara sosio emosioanal dapat memulai masa transisi dari lingkungan SDLB ke

    lingkungan sekolah lanjutan, dan dari masa kanak-kanak ke usia remaja awal.
2. Membantu siswa dalam memahami kehidupan di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat, serta mampu mengatasi kesulitan kesulitan yang dihadapinya.
3. Membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman tentang dirinya ( kelebihan, kekurangan, dan kekhusususan yang disandang ) sehingga memiliki sikap dan perilaku yang wajar.
4. Membantu menyiapkan perkembangan mental siswa untuk melanjutkan pendidikan ke SMALB.
5. Menbantu orang tua untuk mengerti dan memahami anak sebagai individu yang telah memasuki usia remaja awal, sehingga dapat memberikan perlakuan yang wajar.
6. Membantu orang tua dalam mengambil keputusan mengenai jenis sekolah ataupun arah pilihan karier yang sesuai dengan kemampuan dan kekhsusannya, serta kebutuhan yang diperlukan.

d. Tujuan Bimbingan di SMALB

1. Membantu siswa agar secara sosio emosioanal dapat memulai masa transisi dari lingkungan SLTPLB ke lingkungan SMALB, serta transisi pada usia remaja.
2. Membantu siswa untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya, baik dalam perkembangan pendidikan maupun pilihan karier.
3. Membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman tentang dirinya ( kelebihan, kekurangan, dan kelainan yang disandang ) sehingga memiliki sikap dan perilaku yang wajar.
4. Membantu menyiapkan perkembangan mental siswa untuk memasuki dunia kerja yang sesuai dengan kemampuan, keterampilan, serta kondisinya.
5. Membantu orang tua untuk memahami anak sebagai individu yang telah memasuki usia remaja dan membantu mengambil keputusan untuk memilih jenis pekerjaan dan karier.

C. PELAYANAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN

Dalam upaya memberikan bekal keterampilan terhadap anak-anak didik , SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun menyediakan beberapa jenis keterampilan yang dapat diikuti. Sehingga masing-masing anak dapat memilih jenis keterampilan yang sesuai denagn bakat dan minatnya masing-masing. Jenis-jenis keterampilan yang telah tersedia antara lain :

1. KETERAMPILAN TATA BUSANA

Tujuan utama dalam memberikan Keterampilan Tata Busana bagi anak-anak SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun adalah memberikan bekal pada mereka dalam menguasai tata cara menjahit minimal tingkat dasar. Misalnya dapat mengetahui nama alat-alat mean menjahit, dan lain-lain. Selain itu sudah ada beberapa guru yang mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan menjahit yang diadakan oleh Direktorat PLB.

2. KETERAMPILAN TATA BOGA

• Keterampilan Tata Boga yang diberikan kepada anak-anak SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun bertujuan agar siswa dapat menggunakan alat-alat masak dengan benar misalnya menggunakan mixer, blinder, microwave, dan dapat memasak menu-menu yang sederhana misalnya menanak nasi, menggoreng lauk pauk, memasak sayur, membuat kue, dan sebagainya sehingga kelak mereka dapat hidup mandiri tanpa harus menggantungkan kepada orang lain.
Untuk menunjang keterampilan ini di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun telah tersedia ruangan khusus tata boga beserta peralatan , seperti alat untuk membuat kue, alat untuk memasak masakan, peralatan makan dan lain-lain. Selain itu sudah ada beberapa guru yang mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan tata boga yang diadakan oleh Direktorat PLB.

3. KETERAMPILAN RUMAHTANGGA LAINNYA

Selain keterampilan- keterampilan yang telah disebutkan di atas SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun juga mengajarkan keterampilan- keterampilan lain seperti :
• Membuat barang-barang dari manik-manik seperti tempat minum, tas, gantungan kunci, kalung, tasbih dan lain-lain.
• Membuat amplop, kartu ucapan ( mis. Kartu lebaran, Kartu Ulang Tahun, Kartu Natal dan sebagainya.
• Membuat bermacam-macam bunga dari sedotan (misalnya Bunga mawar, bunga matahari, bunga seruni, bunga anggrek dan sebagainya)
• Sablon / percetakan
Barang-barang yang dihasilkan contohnya: mencetak Kartu Nama, Undangan, kalender, spanduk, dan lain-lain.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan utama keterampilan yang diberikan kepada anak-anak didik di SLB Putra Idhata Kabupaten Madiun adalah agar siswa mampu mandiri ketika mereka harus terjun di tengah-tengah masyarakat serta menumbuhkan rasa percaya diri pada mereka, sehingga siswa mampu berkreativitas sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.

Dolopo-20130914-02587

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s